Love Jesus Christ

It's only God

Rabu, 26 Oktober 2011

ekonomi koperasi

1.      Apa yang di maksudkan dengan ekonomi koperasi?
Koperasi adalah jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum.Koperasi melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.
Koperasi Sebagai Lembaga Ekonomi, merupakan badan usaha  yang mampu menghasilkan keuntungan & pengembangan organisasi & usahanya, dengan menggunakan sistem manajemen usaha sbg badan usaha bisnis : profit maksimal, biaya minimal, brand koperasi maksimal.
Dan menurut saya ekonomi kopeasi merupakan suatu badan usaha yang di sediakan bagi masyarakat umum yang berfungsi untuk membantu permasalahan ekonomi yang di hadapi seringkali oleh masyrakat sehingga terlepas dari apa yang di namakan dengan krisis ekonomi.
1.      pengertian berdasarkan orang:

a. D.e .taylor, koperasi merupakan kumpulan orang orang yang bersifat sosial dalam rangka pemenuhankebutuhan hidup sehari hari.
b. Dr margareth, koperasi suatu bentuk kerjasama yang didalmnya tersirat unsur unsur tolong menolong
c. Dr moh hatta, suatu bentuk usaha yang sifatnya tolong menolong terutama dalam menjalankan kesejahteraan anggota anggotanya.
2. uu koperasi
a. no.14/65 organisaasi ekonomi sebgai alat revolusi untuk mendobrak tempat persemaian sebagai wahana sosialisme manusia.
b. no.12/67 organisasi masih bersifat watak sosial dari gerakan ekonomi rakyat dengan azas kekeluargaan.yang paling representatif dianggap.
c. no.25/92 organisasi ekonomi yang berbentuk badan usaha (BU) dan badan hukum (BH) dengan menjalankan prinsip prinsip koperasi.
d. koperasi harus bekerja menurut prinsip-prinsip ekonomi denganmelandaskan pada azas-azas koperasi yang mengandung unsur-unsur sosial di dalamnya.Unsur sosial yang terkandung dalam prinsip koperasilebih menekankan kepada hubungan antar anggota, hubungan anggotadengan pengurus, tentang hak suara.
e. Definisi Paul Hubert Casselmandalam bukunya berjudul“ TheCooperative Movement and some of its Problems” yang mengatakanbahwa :“Cooperation is an economic system with social content”.Artinya koperasi harus bekerja menurut prinsip-prinsip ekonomi denganmelandaskan pada azas-azas koperasi yang mengandung unsur-unsur sosial di dalamnya.Unsur sosial yang terkandung dalam prinsip koperasilebih menekankan kepada hubungan antar anggota, hubungan anggotadengan pengurus, tentang hak suara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar